[Reviu] Mi Band 2

 

Mi Band 2
Mi Band 2

Beberapa bulan yang lalu Xiaomi meluncurkan peranti sandang (wearable device) terbarunya. Diberi nama Mi Band 2, peranti ini memberikan beberapa perubahan berarti yang membuatnya menjadi activity tracker terbaik yang pernah diproduksi Xiaomi hingga saat ini.

Jika dibandingkan dengan dua edisi sebelumnya, Mi Band 1 dan 1S, Mi Band 2 lebih kaya fitur. Mi Band 1 hanya memungkinkan untuk menghitung langkah, waktu tidur, dan alarm, sedangkan untuk Mi Band 1S ada penambahan minor berupa fitur untuk menghitung detak jantung.

Mi Band 2 tetap membawa fitur-fitur yang sudah dibenamkan di dua edisi sebelumnya. Namun, Mi Band 2 memiliki layar OLED mini yang berfungsi untuk menampilkan beberapa informasi seperti jam dan tanggal, jumlah langkah, jarak tempuh, jumlah kalori yang terbakar, detak jantung, hingga baterai yang tersisa di gelang pintar ini. Sebelumnya, Anda hanya dimungkinkan untuk melihat semuanya via aplikasi di ponsel yang sudah tersinkronisasi dengan gelang Anda.

Di layar mini inilah informasi-informasi hasil kalkulasi Mi Band 2 ditampilkan. Layar Mi Band 2 dilengkapi sebuah sensor berbentuk lingkaran yang akan menyala jika disentuh. Selain itu, ada fitur lift wrist to view info yang memungkinkan Anda menyalakan layar hanya dengan mengangkat lengan Anda. Jika digabung dengan fitur heart rate sleep assistant, niscaya baterai Mi Band 2 Anda akan lebih cepat habis.

Sebagai perbandingan, jika dua fitur tersebut dimatikan, usia baterai Mi Band 2 yang saya gunakan bisa sampai 30 hari (tersisa 16%). Sedangkan jika fitur lift wrist dan sleep assistant dinyalakan, baterai hanya bertahan sampai 18 hari.

Biarpun begitu, daya tahan baterai Mi Band 2 terbilang baik. Sebagai pembanding, kolega di kantor menggunakan Fitbit Alta. Daya tahan baterai Alta hanya ada di kisaran 14 hari. Apalagi harga Alta jauh lebih mahal, empat kali Mi Band 2.

Mi Band 2 memang belum resmi masuk Indonesia, tapi Anda bisa mendapatkannya di situs-situs belanja Indonesia dengan kisaran harga 400-700 ribu. Saya sendiri beli di AliExpress dengan biaya kurang dari 500 ribu dan waktu pengiriman hingga tiga minggu.

Kalau Anda ingin merasakan bagaimana rasanya menggunakan gelang pintar dengan harga yang masih masuk akal, Mi Band 2 bisa jadi pilihan. Dengan harga seperempat dari Alta, fitur yang Anda dapatkan nyaris sama.

Sertifikasi IP67 yang dimiliki Mi Band 2 membuat gelang pintar ini lumayan tahan air untuk kedalaman tertentu. Jadi, Mi Band 2 bisa dijadikan teman mencuci baju maupun bermain sepak bola di tengah gerimis.

Buat saya, fitur tahan air ini lumayan penting. Apalagi sebelumnya Jawbone Up24 yang saya punya wafat karena tidak tahan diajak untuk bermain air ketika mencuci baju hanya seminggu setelah digunakan.

Tapi, kalau Anda masih sayang dengan 500 ribu Anda dan memilih menggunakannya untuk beli makan, Mi Band 2 tidak disarankan. Wong gak penting blas. Tidak signifikan. Hehehe ….