[Reviu] Transcend Jetdrive Lite 330

Transcend JetDriveLite 330
Transcend JetDriveLite 330

Menggunakan Macbook itu ada suka dan dukanya. Salah satu dukanya adalah opsi penyimpanan yang terbatas. Apalagi setelah tahun 2012, di mana Apple sudah menghilangkan slot DVD, opsi untuk menambah kapasitas penyimpanan semakin sedikit.

Dulu, banyak pengguna Macbook “menambah” kapasitas penyimpanan mereka dengan melakukan bongkar pasang sendiri. Mereka mencopot slot DVD untuk kemudian diganti dengan penyimpanan tambahan.

Apple memang menyediakan opsi penyesuaian bagi para calon konsumen yang perlu penyimpanan tambahan, tapi kendalanya klasik: harga.

Hal tersebut menjadi peluang bagi pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan tambahan para pengguna Macbook, tapi tetap dengan biaya terjangkau. Salah satu pilihan yang tersedia di pasaran adalah JetDrive Lite bikinan Transcend.

Transcend sendiri memang sudah lama dikenal sebagai salah satu produsen perangkat penyimpanan digital berkualitas. Jadi begitu saya tahu mereka meluncurkan JetDrive Lite, saya langsung berminat untuk memilikinya.

Sayang, produk ini tidak atau belum secara resmi dijual di Indonesia. Atau paling tidak itulah yang saya rasakan. Saya cari di situs jual-beli online hasilnya nyaris nihil. Saya memang melihat lapak di FJB Kaskus yang menjual JetDrive Lite, sayangnya pre-owned dan sudah laku.

Keinginan untuk membeli JetDrive Lite pun sempat terpendam lama. Hingga akhirnya ada momen Black November di Amazon. Kebetulan, ada rekan kantor yang bisa saya titipi, saya pun tak perlu keluar ongkos kirim ke Indonesia karena biaya kirim untuk wilayah AS gratis.

Untuk Macbook Pro Retina 13 keluaran awal 2015, saya menggunakan JetDrive Lite 330. Jika Anda ingin beli dan bingung JetDrive Lite yang mana yang cocok untuk Macbook Anda, silakan cek boks di bawah.

Untuk harga, Amazon menjualnya dengan bandrol $69,99 untuk kapasitas 128GB. Tapi, karena ada momen Black November harganya direduksi menjadi $56. Jika dirupiahkan dengan kurs Rp13.500,00 menjadi sekitar Rp756.000,00. Sangat terjangkau!

JetDrive Lite 330 dan kelengkapan lainnya
JetDrive Lite 330 dan kelengkapan lainnya

Yang saya suka dari produk ini adalah adanya fitur plug and play. Langsung colok di slot yang tersedia di Macbook dan seketika itu pula Anda bisa langsung gunakan untuk menyimpan data. Dibandingkan jika Anda membeli microSD yang harus menggunakan adapter tambahan, JetDrive Lite jelas terasa lebih simpel.

Selain itu, Transcend mendesain JetDrive Lite sedemikian rupa sehingga ketika digunakan, nyaris tidak ada bagian dari peranti kecil ini yang akan tersisa dan mengganggu ketika Macbook hendak dibawa bepergian.

Jika dilihat gambar di atas, Anda akan mengerti kenapa JetDrive Lite ini menarik. Peranti bikinan Transcend ini seolah tenggelam di dalam Macbook dan nyaris tak bersisa. Kekurangannya adalah sedikit kesulitan untuk ketika hendak dicabut karena tidak ada lubang untuk mencungkil. Saya berhasil mengeluarkannya dengan bantuan lakban.

Perihal kecepatan membaca dan menulis data, berdasarkan situs resmi mereka di sini, JetDrive Lite mampu membaca data dengan kecepatan hingga 95MB per seken, dan mampu menulis data hingga 60MB per seken. Secara faktual ketika digunakan untuk menyalin data, kecepatannya menyentuh 50MB per seken. Tidak buruk.

Apalagi jika melihat MicroSD yang beredar saat ini sependek pengetahuan saya masih berada di kisaran 20MB-30MB per seken untuk kecepatan menulis data.

Biarpun begitu, peranti rawit ini bukannya tanpa kendala, seperti yang saya sebutkan di atas: JetDrive belum resmi atau mungkin tidak masuk ke Indonesia secara resmi, tentu saja Anda bisa kesulitan kelak jika ingin melakukan klaim garansi dan sebagainya.

Secara keseluruhan, dengan bujet di bawah satu juta rupiah, JetDrive Lite 330 ini layak untuk dimiliki Anda para pengguna Macbook di bawah tahun 2016 yang ingin penyimpanan tambahan untuk berkas-berkas unduhan Anda yang belum sempat dipindahkan ke penyimpanan eksternal.